Setahun Mengabdi, Seumur Hidup Berdedikasi

Jumat, 17 Januari 2014

On 15.36 by Unknown   No comments

Apa yang dibutuhkan seorang yang telah lanjut usia (lansia)?

Ketenangan? 

Rasa Aman? 

Ya, mungkin itu yang terpikir oleh kita jika berada di hiruk pikuk kota. Tapi, mungkin saja kita akan berpikir ulang jika tinggal di Kelay. Akan sulit bagi kita menemukan lansia di siang hari. Bukan, mereka tidak tinggal duduk membungkuk di dalam rumah. Mereka banyak berada di ladang, menanam dan mengurus tanaman di ladang keluarga mereka. Pekerjaan berat seolah masih menjadi ‘kebutuhan’ mereka. Hingga, kebanyakan lansia tidak menyadari apa yang terjadi pada kesehatan mereka. 


Saat memasuki usia lanjut tubuh manusia akan mengalami penurunan fungsi tubuh. Hal ini mengakibatkan tubuh seorang lansia akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan dan terkena sakit. Sebagai contoh, kepadatan tulang panjang akan menurun saat memasuki usia lanjut. Lansia yang jatuh memiliki risiko tinggi mengalami patah tulang paha. Tidak hanya tulang, elastisitas jantung pun dimungkinkan akan menurun seiring usia. Ataupun kemungkinan lain seperti tertimbunnya minyak atau terjadinya pengapuran pembuluh darah yang bisa menyebabkan jantung koroner. 


Pemeriksaan secara berkala dibutuhkan setiap lansia agar terpantau kondisi kesehatannya. Posyandu lansia dapat menjadi alternatif penyelesaian masalah ini. Posyandu lansia merupakan paket pembinaan bagi kelompok usia yang meliputi penyuluhan (KIE) dan pelayanan kesehatan gizi maupun psikososial agar dapat mempersiapkan diri menghadapi masa tua, mempertahankan kondisi kesehatan sehingga tetap produktif dan dapat selama mungkin mempertahankan kemandiriannya.
 



Keberadaan posyandu lansia diharapkan dapat menemukan lebih awal masalaha yang dialami oleh lansia di wilayah kerja tersebut. Tidak hanya berhenti pada pelaporan, data yang telah dimiliki diharapkan ditindaklanjuti dengan pemberian penyuluhan (KIE) dari petugas kesehatan ke lansia dan keluarga lansia agar tepat dalam memberikan perawatan dan tindakan pada lansia. Bahkan, data yang dimiliki dapat berarti bagi keluarga menyiapkan setiap tahapan berduka dan kehilangan. 




Posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas kelay telah mulai diaktifkan semenjak keberadaan PN1. Jumlah kelompok yang dibina baru 3 kelompok di dua kampung yaitu Sidobangen dan Long Beliu. Pelaksanaan ketiga kelompok tersebut dapat digolongkan baik. Ketiganya dilaksanakan secara berkala sebulan sekali, memiliki kader yang menyiapkan persiapan pelaksanaannya dan pengaturan administrasi yang cukup rapi. 


Tahun 2014 merupakan tahun perluasan posyandu lansia. Dalam plan of action yang telah dibuat PN2, pengadaan kelompok posyandu lansia ditambahkan untuk wilayah yang dimasukkan dalam kategori II dari pemetaan prioritas wilayah binaan. Kami berharap dengan bertambahnya jumlah kelompok posyandu lansia dapat meningkatkan kualitas hidup lansia hingga menyiapkan lansia menghadapi akhir kehidupannya. 


@ns_septi

0 komentar:

Posting Komentar