Setahun Mengabdi, Seumur Hidup Berdedikasi

Jumat, 17 Januari 2014

On 15.17 by Pencerah Nusantara Berau   1 comment

Puskesmas keliling merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu baik oleh kami dan petugas kesehatan Puskesmas Kelay. Selain karena tujuan kegiatan yang nanti akan saya jelaskan, hal lain yang menyebabkan kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu adalah kegiatan ini menjadi ajang untuk kami untuk dapat menjangkau kampung-kampung terdalam di Kecamatan Kelay dan dapat berinteraksi dengan masyarakat disana. Hasil yang kami harapkan dari kegiatan ini, kami dapat menemukan masalah-masalah kesehatan di sana.
Puskesmas keling yang dilaksanakan di Puskesmas Kelay mungkin agak sedikit berbeda dengan kegiatan semacamnya yang dilakukan di Puskesmas lainnya. Tantangan alam dalam perjalanan Puskesmas keliling ini sangat luar biasa baik tantangan melalui jalur darat maupun jalur sungai. Melalui Jalur darat selain rute yang jauh dengan pinggir kiri dan kanan jalan jurang, ban Ambulance yang tergelincir dan terperosok karena jalanan yang licin akibat hujan menjadi hal yang biasa.  Di jalur sungai berbeda lagi Sinar matahari yang menyengat, jeram-jeram yang berbahaya, Kehujanan saat berada di ketinting, dan air sungai yang deras sangat menantang dan memacu adrenalin dalam perjalanannya. Akan tetapi Hal tersebut tidak menyurutkan niat kami dan petugas puskesmas kelay untuk melaksanakan kegiatan ini.


Agar teman-teman pembaca lebih paham tentang kegiatan ini, Saya akan terlebih dahulu menjelaskan tentang kegiatan ini.
Puskesmas keliling adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif. Selain itu puskesmas keliling juga bertujuan untuk melakukan monitoring pelayanan petugas puskesmas pembantu sehingga dapat berjalan lebih optimal.
Untuk dapat menghemat waktu, efektifitas dan efisiensi kegiatan maka Puskesmas keliling dalam pelaksanannya  rute perjalanan dibagi menjadi 3 arah yaitu daerah hulu sungai Kelay, daerah hilir sungai Kelay, daerah hulu Sungai Lesan. Hal tersebut dilakukan karena wilayah kerja Puskesmas Kelay sangat luas kalau dibandingkan dengan Luas Jakarta, Kecamatan Kelay 10 kali lebih luas.
kegiatan yang sama seperti ini untuk daerah lain mungkin bisa dilakukan 1 hari untuk seluruh wilayah kerja puskesmas. Hal ini tidak berlaku untuk puskesmas kelay dikarenakan wilayah kerja yang sangat luas, keadaan geografis dan medan yang berat sehingga 1 hari hanya dapat menjangkau 1 kampung.
Adapun agenda kegiatan saat pelaksanaan puskesmas keliling antara lain Penyuluhan-penyuluhan, pelatihan kader posyandu baik posyandu balita maupun posyandu lansia, Kemitraan bidan dan dukun, Kelas ibu hamil, UKS, desa Siaga dan kegiatan-kegiatan lain sesuai kebutuhan kampung yang akan dikunjungi.
Ditahun 2013 kemarin Kami tim pencerah nusantara angkatan 2 sudah melakukan 2 kali kegiatan di bulan Oktober dan Desember. Puskesmas keliling bulan oktober kemarin Kami masih didampingi dan dibantu oleh kakak-kakak angkatan pertama. Puskesmas keliling bulan oktober mengambil perjalanan ke arah hilir sungai Kelay yaitu Merasa, Muara Lesan, dan Lesan Dayak. Kegiatan ini dilakukan menempuh jalur sungai memakan waktu 3 hari.
Kegiatan yang dilakukan oktober kemarin antara lain penyuluhan ke sekolah-sekolah, pelatihan kader-kader UKS,  pelatihan kader posyandu, penyuluhan Posyandu, dan kemitraan bidan dan dukun. Kegiatan yang padat ini mengakibatkan kegiatan harus dilaksanakan sampai malam hari. Walaupun sangat menguras tenaga ada kesenangan tersendiri ketika melihat antusiasme masyarakat di setiap kegiatannya.


Untuk Kegiatan di Bulan Desember dilakukan ke 2 arah perjalanan yaitu hilir sungai kelay dan hulu sungai lesan. Kampung-kampung yang kami kunjungi antara lain Merapun, Merabu, Mapulu, Panaan. Merasa, Muara Lesan dan Lesan Dayak. Kegiatan ini dilakukan melalui jalur darat dan memakan waktu 6 hari. Di bulan desember yang merupakan musim hujan mengakibatkan beberapa kali ban Ambulan tergelincir dan beberapa kali juga petugas puskesmas yang menggunakan motor terjatuh karena licin. Hal itu sama sekali tidak mengurangi semangat kami untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
Kegiatan yang kami lakukan di Bulan desember antara lain Pelatihan kader Posyandu balita dan Lansia di 7 kampung tersebut, penyuluhan pada saat posyandu balita, Pelatihan kader UKS di Merasa, penyuluhan Kulit dan Senam bersama di kampung Merabu dan Mapulu, observasi kegiatan desa siaga di kampung Merasa, Merabu, Mapulu, dan Merapun serta kegiatan penjaringan anak sekolah dan bias di 7 kampung tersebut.


Kegiatan di bulan Desember jauh lebih padat dibandingkan kegiatan di bulan oktober. Kami berharap untuk ke depannya di tahun 2014 kegiatan dapat berjalan lebih optimal sehingga pelayanan dan capaian-capaian puskesmas dapat lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.
Untuk tahun 2014 ini kegiatan puskesmas keliling akan dilaksanakan tanggal 20 januari mendatang. Kedaerah hulu sungai kelay menggunakan transportasi air ketinting yang artinya perjalanan melawan arah arus sungai, sungai banjir dan air sungai  yang deras dikarenakan musim hujan menjadi tantangan yang sangat berarti. Nantikan laporan kegiatan puskesmas keliling berikutnya bulan depan. :)

@rhe_as

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus