Setahun Mengabdi, Seumur Hidup Berdedikasi

Rabu, 01 Januari 2014

On 15.57 by Pencerah Nusantara Berau   No comments
Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 telah usai pada tanggal 21 Desember 2013 yang lalu. Lebih dari seratus masyarakat Kelay yang mengikuti acara ini dengan antusiasme yang cukup baik. Hal ini tampak dari ekspresi kebahagiaan dan semangat mereka yang tetap mengikuti rangkaian kegiatan walaupun di tengah hujan gerimis di pagi hari itu.


Kegiatan ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Kelay, sehingga masyarakat sangat menyambut baik akan rangkaian kegiatan ini. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kelay, dari mulai aparat keamanan, perangkat kampung, para guru yang berada disekolah sekitar lingkungan kecamatan Kelay, serta para pelajar SD sampai SMK.Rangkaian kegiatan HKN ke-49 ini berupa jalan sehat di pagi hari, lomba yel-yel bertemakan kesehatan, sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mulai berlaku di tahun 2014, penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja, ada juga pembagian doorprize bagi peserta. 



Dari rangkaian tersebut yang menjadi acara inti adalah sosialisasi JKN bagi masyarakat Kelay, oleh karena sebuah jaminan kesehatan merupakan hak dari seluruh warga Negara Indonesia, khususnya bagi masyaraka Kelay. Jaminan kesehatan nasional (JKN) yg dikembangkan di Indonesia merupakan bagian dari sistem jaminan sosial nasional yg diselenggarakan dgn menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yg bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang No.40 Thn 2004 ttg SJSN. JKN dalam SJSN ini akan mulai berlaku per januari 2014 bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan tidak ada lagi jaminan kesehatan lainnya seperti JAMKESMAS, JAMKESPRO, ASKES, dan sebagainya, oleh karena itu sosialisasi JKN ini harus dilakukan secara optimal agar seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya masyarkat Kelay mendapatkan haknya dalam mendapatkan jaminan kesehatan secara efektif dan sesuai dengan kebutuhannya.


Selain sosialisasi JKN, rangkaian kegiatan lainnya berupa jalan sehat yag dilaksanakan di pagi hari, yang bertujuan untuk memberikan nuansa baru bagi masyarakt Kelay akan kegiatan-kegiatan kuratif kesehatan yang selama ini dilakukan oleh puskesmas kecamatan kelay, dengan diadakannya kegiatan ini memberikan kesan dan warna baru pada masyarakat bahwa kegiatan puskesmas yang utama bukanlah kuratif melainkan juga promotif. 


Penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja juga menjadi salah satu bagian dari rangkaian peringatan HKN ke-49. Banyaknya perkawinan di usia dini juga hubungan seks diluar nikah di beberapa desa yang berada disekitar Puskesmas Kecamatan Kelay menjadi dasar kami dalam memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan serta kesadaran di kalangan para remaja akan bahayannya melakukan hubungan seks di usia dini.


Rangkaian kegiatan HKN ditutup dengan pembagian doorprize, acara yang tentu saja dinantikan oleh para peserta, karena ini juga adalah kali pertama puskesmas kecamatan Kelay mengadakan acara dengan doorprize besar-besaran berupa kompor gas, blender, mikser, lima buah handphone, lima payung, dan tiga buah jam dinding. Dampak positif dari kegiatan ini adalah meningkatkanya hubungan sosial antara tokoh masyarakat dan  para petugas puskesmas, hal ini tentunya akan memudahkan bagi kedua pihak jika ingin melakukan koordinasi untuk suatu kegiatan tertentu di masa mendatang. 


Besar harapan kami kegiatan-kegiatan seperti ini lebih mendapat dukungan penuh dari seluruh pihak terkait, khususnya pihak yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan masyarakat, sehingga acara dapat berkelanjutan secara terus menerus. Dengan demikian keberadaan puskesmas sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif dan preventif.




0 komentar:

Posting Komentar